DIRGAHAYU TENTARA NASIONAL INDONESIA KE-70 "BERSAMA RAKYAT TNI KUAT | DIRGAHAYU TENTARA NASIONAL INDONESIA KE-70 "BERSAMA RAKYAT TNI KUAT | DIRGAHAYU TENTARA NASIONAL INDONESIA KE-70 "BERSAMA RAKYAT TNI KUAT | DIRGAHAYU TENTARA NASIONAL INDONESIA KE-70 "BERSAMA RAKYAT TNI KUAT | DIRGAHAYU TENTARA NASIONAL INDONESIA KE-70 "BERSAMA RAKYAT TNI KUAT | DIRGAHAYU TENTARA NASIONAL INDONESIA KE-70 "BERSAMA RAKYAT TNI KUAT

Minggu, 13 Maret 2011

United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL)

Pasukan Sementara PBB di Lebanon atau UNIFIL adalah organisasi yang didirikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, pada tanggal 19 Maret 1978, berdasarkan Resolusi Dewan Keamanan PBB No. 425 dan No. 426., untuk memastikan gerak mundurnya Israel dari Lebanon, mengembalikan kedamaian dan keamanan internasional, dan membantu pemerintah Lebanon untuk mengembalikan otoritas efektifnya di area tersebut. Pasukan pertama UNIFIL diturunkan di area pada tanggal 23 Maret 1978; pasukan ini merupakan pasukan yang dipindah dari operasi perdamaian PBB lainnya di area tersebut (bernama United Nations Emergency Force dan United Nations Disengagement Observer Force Zone).

Kontingen UNIFIL Indonesia
Sebelum terjadinya Perang Lebanon 1982, pada tanggal 2 Januari 1982, dimana 2 tentara Ghana yang menjada posisi UNIFIL diserang oleh kelompok tak dikenal dan satu dari tentara tersebut tertembak dan meninggal. Pada Perang Lebanon 1982, posisi pasukan PBB dikepung, terutama oleh pasukan SLA di bawah Saad Haddad. Ini merupakan pasukan kolaborator Lebanon yang didukung oleh IDF.

Panser Anoa dengan "cat" UNIFIL

http://id.wikipedia.org/wiki/Pasukan_Sementara_PBB_di_Lebanon

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar